Pengertian Umroh Dan Manfaatnya

pengertian-umroh-dan-manfaatnya

Umroh adalah ibdah dalam umat Islam yang hanya bisa dilakukan di dalam kota Mekkah dan melakukan beberapa ritual khusus seperti melakukan Tawaf, (mengitari Ka’bah sebanyak 7x), dilanjutkan dengan Sa’I, (berjalan diantara bukit Shofa dan Marwah sebanyak 7x), dan di akhiri dengan Tahalul (mecukur sebagian rambut kepala) yang dilaksanakan setelah berihram atau memakai kain ihram setelah mengambil Moqat. Umroh juga sering dibut haji kecil, karena tata caranya hampir menyamai ketika berhaji. Bisa berkunjung ke kota Makkah untuk melaksanakan umroh adalah inpian sebagian besar umat muslim di penjuru dunia. Umroh juga sering disebut haji kecil, karena tata caranya hampir menyamai haji.

Perbedaan umroh dengan haji dari segi pelaksanaan waktu dan tempat. Umroh bisa dilakukan sembarang waktu atau kapan saja sesuai keinginan dan hanya dilakukan di Mekkah, sedangkan untuk melakukan haji antara tanggal 8 Dzulhijjah sampai 12 Dzulhijjah dan melaksanakan beberapa ritual di luar kota Mekkah.

Persamaan Umroh dengan Haji

·         Tawaf.
Berjalan sambil bertasbih mengelilingi kakbah, adalah hal wajib yang dilakukan. Dimana sebanyak 7 kali dan perjalanan akan semakin menjauh menjadi napak tilas seseorang untuk mengenal kiblat di dunia. Tidak perlu khawatir, sekarang ini area tawaf telah di perluas, bahkan di buatkan hingga 3 lantai sehingga jamaah yang berbadan kecil seperti masyarakat Indonesia akan terinjak jamaah lain yang berbadan lebih besar.
·         Sa’i.
Lari lari kecil dari padang safa dan marwah, ini merupakan napak tilas untuk tahu dari mana sumber air zam zam. Dimana dahulu ibu dari Nabi Ismail AS harus berlarian untuk mencari air bagi putranya, sekarang ini mata air ini masih memancarkan airnya dan dilakukan riset ternyata air ini memang mata air yang paling bagus di dunia.
·         Tahalul.
Anda harus mencukur atau memotong beberapa helai rambut, ini akan menjadi puncak akhir dari ibadah selama di tanah suci. Meskipun bisa memotong rambut sendiri, namun anda di haruskan meminta orang lain untuk memotongkan untuk anda. biasanya pada lelaki lebih memilih untuk memangkas habis rambutnya, dimana hal ini juga menjadi rukun haji.
·         Berpakaian ihram.
Anda harus menggunakan pakaian wajib untuk memulai segala aktifitas fisik di atas, berpakaian ihram adalah memakai kain putih yang menutupi aurat. Untuk laki-laki tidak boleh menggunakan bahan yang berjahit dan juga penutup kepala. Untuk perempuan, boleh menggunakan mukena, namun tidak boleh menutupi telapak tangan dan juga wajah.

Perbedaan Umroh dengan Haji

Semua kegiatan di atas juga akan dilakukan saat berhaji, namun tidak semua kegiatan umroh sama dengan kegiatan haji. Berikut ini beberapa hal yang tidak di lakukan ketiak umroh:
·         Lempar jumroh.
Ini anda harus lakukan saat haji, dimana semua orang akan melempar batu ke tugu yang dahulu di lakukan Nabi Adam AS untuk mengusir setan. Kegiatan fisik ini memang bisa diwakilkan dengan memberikan wewenang kepada seseorang, untuk mereka yang mempunyai fisik tidak memadahi.
·         Wukuf.
Hal utama yang menjadi syarat haji adalah wukuf di padang arafah, dimana semua jamaah akan berada di luar tenda selama beberapa jam di tengah hari. Pada hari tersebut, semua jamaah akan melakukannya, baik itu dalam kondisi sakit apapun, karena jika tidak dilakukan maka hajinya tidak akan sah.

Syarat Mengerjakan Umroh

Syarat untuk mengerjakan umroh sama dengan syarat untuk mengerjakan haji :

1. Beragama Islam
2. Akil Balig
3. Waras
4. Orang merdeka
5. Mampu baik dalam bebrapa hal seperti : Biaya, kesehatan, pengetahuan, dan mencukupi nafkah untuk keluarga yang ditinggalkan baik ketika berumroh ataupun berhaji

Melaksanakan umroh dari Indonesia

Untuk melaksankan umroh ke Baitullah masyarakat muslim Indonesia khususnya bisa memilih biro perjalanan yang khusus dibindang perjalanan umroh terbaik dan terpercaya di Indonesia. Ada banyak pilihan jadwal dan jenis-jenis paket umroh yang sudah disediakan untuk kebutuhan masing-masing calon tamu-tamu Allah.

Manfaat Melaksanakan Umroh dan haji

Melakukan Umroh dan haji akan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT baik di dunia dan akhirat. apabila bisa dilakukan dengan baik dan benar. Keberkahan didunia, hidup akan lebih peduli tehadap sesama, lebih merasa tenang, tentram dengan menghadapi berbagai persoalan yang akan menghampiri semasa hidup dan Allah juga akan mempermudah jalan hambahnya untuk mencari rejeki yang hallal sehingga bisa lebih bermanfaat untuk segala hal. Keberkahan di akhirat, akan dihapuskannya dosa-dosa yang pernah dilakukan sebelumnya. Rasullulah bersabda yang bunyinya “Umroh ke Umroh berikutnya adalah penghapusan dosa diantara keduanya dan haji mabrur tidak ada balasan selain surga” (Hadits riwayat Al-Bukhori). Jadi, berkah yang akan didapatkan di akhirat adalah dihapuskannya segala dosa dan akan Alloh tempatkan kedalam surgaNya. Amin Ya Rob

Bagaimana setelah memahami pengertian umroh dan berkah yang akan didapat setelah melakukan umroh atapun haji, apakah Anda tertarik betamu ke Baitullah untuk melaksanakan umroh/haji?

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk para pembaca dan dibukakan pintu hatinya bagi yang sudah mampu untuk melaksanakan haji dan umroh.
Diulas oleh Hendra Syaputra; Rating Blog: ★★★★★ dari 5
© 2019 PT. Holyland Abadi Supported by: Blogger