Tips Agar Tidak Tersesat Selama Umroh

Tips Agar Tidak Tersesat Selama Melaksanakan Umroh

Bukan hanya untuk para muslimin yang baru pertama kali melakukan ibadah umroh, bagi yang sudah beberapa kali melaksanakannya pun tidak jarang mengalami hal yang tidak diinginkan yaitu tersesat. Tentu saja hal tersebut menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan dan mengkhawatirkan. Agar terhindar dari kejadian seperti itu, ada baiknya setiap orang yang akan melaksanakan umroh mengetahui tips agar tidak tersesat selama umroh terlebih dahulu untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan.

Tips Agar Tidak Tersesat Selama Umroh Untuk Para Jamaah

Kejadian tersesat seringkali terjadi kepada peserta umroh yang tengah berada di Masjidil Haram. Bukan hanya yang baru pertama kali melaksanakan umroh, yang sudah berkali kali pun terkadang tersesat dan sulit menemukan jalan untuk kembali ke penginapan atau hotel. Salah satu tanda bahwa seseorang sedang tersesat di Masjidil Haram ialah dia akan keluar di tempat berebda dari pertama kali dia masuk. Saking luasnya Masjidil Haram, maka perlu diperhatikan tips agar tidak tersesat selama umroh terutama di Masjidil Haram.

• Pastikan bahwa Anda tidak bepergian sendirian karena hal tersebut akan meningkatkan resiko tersesat. Usahakan untuk selalu berada di dalam rombongan. Disarankan untuk selalu Mencatat hal hal yang penting yang akan menjadi pengingat seperti nama pintu ketika masuk ke Masjidil Haram, atau nama hotel tempat Anda menginap, dan nama daerah tempat pemondokan tersebut.

• Persiapkan berbagai hal yang penting yang akan menunjukkan identitas Anda sebagai jamaah umroh. Identitas tersebut diantaranya gelang jamah, gelang yang diberikan dari Maktab, kartu pondokan dan kartu identitas KBIH. Jika Anda tersesat, cobalah untuk menunjukkan identitas tersebut kepada petugas sehingga mereka dengan mudah akan menolong Anda.

• Ketika sedang tersesat, tips agar tidak tersesat selama umroh lebih jauh lagi ialah dengan tidak merasa panik atau merasa sangat ketakutan. Perlu diketahui bahwa yang mengalami tersesat sebenarnya bukan Anda saja, dan Anda pun tidak perlu merasa malu untuk bertanya kepada petugas atau orang orang dengan cara yang baik dan mengunakan bahasa yang mudah dimengerti.

• Jika Anda sudah tersesat, maka tidak ada salahnya untuk bergabung bersama dengan jamaah lainnya yang mudah membawa Anda ke pemondokan. Anda bisa bergabung dengan jamaah asal Indonesia lainnya sehingga dengan mudah bisa berkomunikasi dengan mereka yang pada akhirnya Anda akan diantarkan ke tempat pemondokkan Anda. Namun jika tidak menemukan jamaah asal Indonesia, Anda bisa mengikuti jamaah lainnya misalnya dari Malaysia yang bahasanya tidak jauh berbeda.

Jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan sehingga Anda benar benar tidak mengetahui apa yang harus dilakukan, maka Anda bisa mencari petugas untuk meminta tolong. Meskipun bahasa menjadi kendala tetapi mereka memahami bahwa Anda sedang tersesat apalagi jika Anda terlihat bingung dan hanya pergi seorang diri. Petugas yang berpengalaman akan memberikan pertolongan dan mencarikan jamaah lain yang sama negaranya dengan Anda.

Yang paling penting selain memahami dan menjalankan tips agar tidak tersesat selama umroh ialah percaya kepada Allah bahwa hanya Allah lah yang bisa menolong semua orang dari segala yang menyulitkan termasuk ketika sedang mengalami kesesatan atau bingung mengenai arah menuju hotel atau bahkan tidak mengetahui sedang berada di mana dan harus seperti apa. Berdoa kepada Allah merupakan hal yang wajib dilakukan, dan berserahlah bahwasannya tidak ada daya upaya yang bisa dilakukan selain atas pertolongan Allah SWT.

Lihat Juga paket umroh yang ditawarkan
Diulas oleh Hendra Syaputra; Rating Blog: ★★★★★ dari 5
© 2019 PT. Holyland Abadi Supported by: Blogger