Tips Persiapan Mental dan Fisik Menuju Baitullah


Persiapan Mental dan Fisik Sebelum Menuju Baitullah

Siapa yang tidak ingin pergi ke rumah Allah? Semua umat islam di seluruh dunia selalu mendambakan untuk bisa menuju tempat ini, dimana memang terdapat keistimewaan yang sangat indah dan menyenangkan hati bisa berada di kota Nabi ini. Dan kita pun akan mendapatkan keistimewaan lain, yaitu setiap perilaku baik, seperti shalat wajib dan sunnah, bersedekah serta kebaikan sekecil apapun akan mendapatkan pahala berlipat ganda, apalagi jika dilakukan di tanah haram. Ini merupakan ibadah yang akan menguras tenaga, oleh karena itu perlu tahu tips persiapan mental dan fisik menuju baitullah. Yang merupakan bagian sebelum anda memulai perjalanan ibadah tersebut, agar semua bisa lancar.

Sebenarnya tidak membutuhkan banyak persiapan, namun ada baiknya jika kita sudah menyiapkan tubuh dengan sebaikn mungkin. Usahakan untuk tidak sakit ringan, seperti flu dan batuk, ini akan menyiksa kita, apalagi suhu yang sangat berbeda disana dari Indonesia. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga pola makan dan pola hidup, usahakan tubuh mendapatkan asupan makanan sehat dan lengkap, serta beristirahat cukup.

Olahraga salah satu tips persiapan mental dan fisik menuju baitullah

Anda memang harus mempunyai tubuh kuat selama berada di tanah suci, bukan berarti tubuh yang besar dan berotot. Ini berbicara tentu ketahanan tubuh, karena akan melakukan beberapa kegiatan ibadah yang berkaitan dengan fisik. Lebih baik 1 bulan sebelum berangkat, mulai biasakan berjalan lebih jauh atau sekedar jogging ringan, memang area pemondokan tidak terlalu jauh namun anda tidak bisa menggunakan kendaraan pribadi. Olahraga ringan semacam ini menjadi saran dari pihak tour, sebagai tips persiapan mental dan fisik menuju baitullah, dimana ini tentu bertujuan baik agar selama berada di Mekkah dan Madinah bisa melaksanankan ibadah dengan khusuk. Dengan banyak olaraga sebelum berangkat akan memberikan kita kekuatan secara fisik dan mental bisa lebih kuat sehingga mampu untuk melakukan segala kegiatan disana nanti.

Hati haruslah ditata dengan baik

Pergi bertolak ke Baitullah akan melakukan ibadah haji atapun umroh selain mempersiapkan fisik dan mental sebelum berangkat hati juga harus ditata dengan baik sehingga bisa mencapai keihklasan. Ini akan membuat kita meluruskan kembali niat perjalanan ibadah kita hanya semata mata mengharapkan ridhonya Allah SWT.

Sucikan diri dengan melakukan sholat bertaubat, membersihkan diri dari sikap-sikap seperti riya’ (pamer) dan takabur (sombong).

Lisan dan perbuatan yang harus dijaga sebelum berangkat ke tanah suci, memperbanyak berbuat amal kebaikan agar kita senantiasa selalu mendapat kemudahan selama menjalankan ibadah haji dan umroh nanti.

Untuk itulah sangat bijak jika kita sudah mempersiapkan fisik, mental, dan hati yang penuh keihklasan sebelum bangkat haji ataupun umroh. Kita juga harus tahu mana yang dijadikan prioritas utama dan mana yang menjadi tambahan saja. Lebih baik menghabiskan banyak waktu untuk ibadah selama berada di Tanah Suci agar hubungan kita dengan-Nya bisa lebih dekat lagi, Sehingga nanti setelah kembali pulang ke tanah air, bisa menjadi seseorang yang lebih baik.

Bagi yang memang ingin berangkat ke tanah suci, lebih baik untuk tidak mengabaikan tips persiapan mental dan fisik menuju baitullah yang biasanya akan disampaikan oleh ustadz yang biasa memberikan saat manasik sebelum berangkat haji ataupun umroh. Ini juga akan memberikan anda gambaran untuk bersikap selama disana serta apa yang akan dilakukan setelah kepulangan nantinya. Semoga bermanfaat!.

Lihat Juga : Paket Umroh Murah 2015
© 2019 PT. Holyland Abadi Supported by: Blogger