Haji Plus Dan Haji Reguler

Cara Daftar Haji Plus Dan Haji Reguler

Banyak orang yang bercita cita untuk berkunjung ke Baitullah, berkunjug ke rumah Allah sebagai salah satu pemenuhan rukun islam yang selama ini menjadi pedoman. Namun ternyata tidak semua calon jamaah mengetahui cara daftar haji plus dan haji regular tersebut dimana pada akhirnya peluang ini bisa juga dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan rekayasa dan melakukan penipuan terhadap calon jamaah. Untuk menghindari hal tersebut maka akan dijelaskan bagaimana cara untuk mendaftarkan diri sebagai calon jamaah haji yang akan melaksankaan ibadah haji baik dengan menggunakan paket haji regular atau menggunakan paket haji plus.

Tata Cara Daftar Haji Plus Dan Haji Reguler

Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa Kementrian Agama membagi penyelenggaraan ibadah haji menjadi dua, yaitu :
  1. Haji Regular, diselenggarakan oleh pihak Pemerintahan (Kementrian Agama RI).
  2. Haji Plus, diselenggarakan oleh pihak Swasta (Penyelenggara Umroh & Haji Khusus Resmi)
Daftra Haji plus dan haji reguler perbedaan keduanya hanya pada cara setoran jenis pendaftaran, jumlah biaya yang harus dikeluarkan dan fasilitas yang akan didapatkan selama berada di tanah suci. Untuk peserta haji regular biasanya menginap di tanah suci selama 40 hari, sedangkan haji plus hanya 25 hari saja.

Untuk daftar haji plus dan haji regular maka bisa langsung melihat detail pengerjaannya dari awal sampai akhir sehingga lebih difahami dengan baik.

Cara Daftar Haji Regular

  • Membuka Tabungan atau rekening haji
    Perlu diketahui bahwa tidak semua bank menerima setoran untuk melakukan ibadah haji, hanya beberapa bank saja yang sudah ditunjuk oleh Kementrian Agama untuk menyediakan fasilitas sehingga nasabahnya bisa langsung melakukan setoran untuk tabungan haji. Sebaiknya datang langsung ke bank yang bersangkutan dan melakuka pendaftaran dengan mengisi terlebih dahulu formulir yang telah disediakan. Jangan lupa juga untuk membawa KTP asli berikut dengan fotokopinya. Setoran untuk awal pembayaran biasanya hanya Rp 500.000 sedangkan untuk pembayaran dan setoran selanjutnya minimal Rp 100.000. tabunganya tanpa bunga.
  • Surat keterangan sehat dan golongan darah Tata cara daftar haji regular selanjutnya adalah melakukan pengecekan kesehatan dan golongan darah yang nantinya akan dibawa ke kementrian agama dengan buku tabungan haji jika sudah mencapai 25 juta. Tidak lupa juga untuk menjelaskan bahwa surat pengantar yang dibuat di puskesmas atau klinik kesehatan adalah surat pengantar kesehatan untuk mendaftar diri sebagai calon jamaah haji.
  • Mengisi Surat Pendaftaran Pergi Haji yang ada di Kementrian Agama
  • Mengajukan Porsi di Bank
    Cara daftar haji regular selanjutnya adalah pergi ke bank dan membawa SPPH untuk mendapatkan porsi haji. Uang tabungan yang berhak untuk mendapatkan porsi haji adalah yang sudah lebih dari 25 juta.
  • Melaporkan diri ke kantor Kementrian Agama
    Di kantor kementrian agama harus menyerahkan beberapa berkas seperti bukti setoran awal BPIH, 1 lembar surat pendaftaran pergi haji, foto berwarna, foto copy surat keterangan sehat, akta kelahiran, kartu keluarga dan lain sebagainya.

Cara Daftar Haji Plus

Khususnya untuk pendaftaran Haji Plus, maka calon jamaah haji plus terlebih dahulu harus membayar DP (Down Payment) ke travel resmi penyelenggara Haji Plus sebagai menyetoran awal yang biasanya sudah ditentukan oleh masing-masing pihak penyelenggara Haji Plus ± $4.500 – $5.000/orang. Dan setelah melakukan penyetoran awal kurang lebih selama 3 bulan barulah si calon jamaah haji plus bisa mendapatkan nomor porsi (estimasi tahun keberangkatan).

Setelah mendapatkan nomor porsi Haji Plus, maka calon haji bisa menyerahkan semua berkas yang sudah ditentukan dalam penyelenggaraan haji sesuai dengan yang dibutuhkan. Proses pelunasan untuk Haji Plus biasanya dilakukan sekitar ± empat bulan sebelum keberangkatan yang akan diberitahukan oleh pihak penyelenggara haji plus tersebut.

Biaya Paket Haji Plus

Untuk jumlah pembayaran DP paket haji plus biasanya ditentukan oleh pihak travel. Sedangkan untuk pelunasan mengikuti biaya pas tahun keberangkatan. Hal itu tergantung kepada fasilitas seperti apa yang akan didapatkan baik hotel, atau pun jumlah rekan dalam satu kamar nantinya. Tersedia kamar dengan tipe Double, Triple, atau pun Quad. Kemudian hotel pun disediakan berbeda beda mulai dari yang dekat dengan Masjidil Haram dan ada juga yang lokasinya agak jauh dari Masjidil Haram. Semakin dekat hotel atau home stay dari Masjidil Haram di Mekkah juga Masjid Nabawi di Madinah maka biaya yang harus dikeluarkan menjadi lebih mahal.

Mudahnya Cara Daftar Haji Plus Dan Haji Reguler

Bagaimana cara daftar haji plus dan haji regular cukup mudah bukan?? Jika sudah ada rencana untuk berangkat haji tidak ada salahnya untuk mempersiapkan dokumen dan beberapa berkas yang akan digunakan untuk pendaftaran baik haji plus ataupun haji reguler. Demikian juga dengan pembiayaan karena setiap tahun biaya untuk melakukan perjalanan haji mengalami kenaikan.

Daftar Tunggu Haji Plus dan Haji Reguler

Daftar Tunggu Haji dengan program Haji Plus saat ini antara 5 – 7 tahun sedangkan daftar tunggu Haji Reguler saat ini sudah belasan tahun tergantung dari daerah masing-masing. Bagi Anda yang sudah mempunyai niat segerahlah mendaftarkan diri baik haji plus ataupun haji regular, karena semakin lama Anda menunda pendaftaran semakin lama juga kesempatan Anda berkunjung ke Baitullah untuk berhaji. Semoga tulisan bermanfaat

Lihat Info >> Biaya Umroh 2018 << Lengkap
© 2019 PT. Holyland Abadi Supported by: Blogger