Tempat Berdo’a Paling Mustajab di Tanah Suci

Tahukah Anda Tempat Berdo’a Paling Mustajab Di Tanah Suci

Ketika seseorang hendak berangkat Haji atau Umroh, maka banyak sanak keluarga, kerabat, bahkan tetangga yang menitipkan doa agar diucapkan. Sebab doa yang diucapkan sungguh-sungguh di tanah suci sangat berpotensi untuk dikabulkan oleh sang Khaliq. Dimana saja tempat berdo’a paling mustajab di tanah suci, agar doa Anda dan titipan para kerabat bisa segera terkabul

5 Tempat Berdo’a Paling Mustajab Di Tanah Suci

Dari sekian banyak tempat yang diyakini sebagai lokasi paling mustajab untuk menyampaikan doa kepada Allah SWT, setidaknya ada lima yang disarankan oleh para ulama dari waktu ke waktu, yaitu Multazam, Hijril Ismail, Rukun Yamani, Bukit Safa Dan Marwa, serta Padang Arafah.

  1. Multazam
    Sesuai Sabda Rasulullah SAW “Multazam adalah tempat dikabulkannya do’a” diriwayatkan oleh HR Ahmad, maka hal ini tentu sangat diyakini oleh umat Islam yang melaksanakan haji maupun umroh. Lokasi yang terletaknya adalah antara hajar Aswad dan pintu Ka’bah ini, selalu menjadi perhentian sesaat jemaah untuk emmanjatkan berbagai do’a. Dan sangat banyak yang mengungkapkan bahwa sekembalinya dari tanah suci, atau bahkan saat masih bedara di tanah suci, doa tersebut sudah terkabulkan, asalnya diucapkan dengan sungguh-sungguh hanya karena Allah SWT.
  2. Hijir Ismail
    Berdasarkan keterangan dalam kitab Fi Rihaabil Baitil Haram, dimana suatu hari Nabi Ismail mengeluhkan panasnya kota Mekkah kepada Allah SWT lewat doa-doanya, kemudian Allah SWT menyampaikan wahyu “Sekarang aku buka hijirmu salah satu pintu surga yang dari pintu itu keluar hawa dingin untuk kamu sampai hari kiamat nanti” maka berdasarkan wahyu tersebut umat Islam meyakini bahwa berdoa di tempat berbentuk setengah lingkaran di bagian utara Ka’bah merupakan salah satu tempat berdo’a paling mustajab di tanah suci yang selalu dikunjungi jemaah haji dan umroh.
  3. Rukun Yamani
    Lokasi doa mustajab selanjutnya adalah Rukun Yamani yang merupakan sudut bangunan Ka’nah sebelum mencapai Hajar Aswad. Diriwayatkan oleh HR. Ibnu Hajab, bahwa ada 70 malaikat yang memegang rukun Yamani, siapa saja yang berdoa disana untuk meminta ampunan, kesehatan dunia akhirat dan dijauhkan dari api neraka, maka para malaikat tersebut akan mengaminkan doa tersebut.
  4. Bukit Safa dan Marwa
    Dalam menjalankan rukun haji dan umroh yaitu Sa’i, yang dilakukan dengan berlari-lari kecil dari Bukit Safa ke Bukit Marwa, Anda harus menyempatkan mengucapkan doa-doa yang ingin Anda sampaikan langsung kepada Allah SWT, sebab kawasan ini termasuk dalam tempat berdo’a paling mustajab di tanah suci. Tempat ini menjadi tempat ibadah Sa’i setelah dilakukan pertama kali oleh Ibunda Nabi Ismail yaitu Siti Hajar, yang berlari mencarikan air untuk anaknya dari Bukit Safa ke Bukit Marwa.
  5. Padang Arafah
    Mengucapkan doa di Padang Arafah saat melaksanakan wukuf memang sangat dianjurkan. Karena lokasi ini termasuk salah satu tempat berdo’a paling mustajab di tanah suci. Bahkan tak jarang jemaah haji menitikkan air mata saat mengucapkan doa, dan mengagungkan nama Allah SWT. Untuk waktu yang dianjurkan adalah pada malam hari, usai berdzikir dan Khatam Al-quran. Selain pikiran tenang, Andapun bisa lebih fokus curhat kepada sang pencipta.

Sebagai umat muslim yang yakin terhadap kebesaran Allah SWT, tentu Anda akan selalu menjalankan perintah seperti salah satu rukum iman yaitu naik haji. Tak lupa berdo’a agar kehidupan Anda diberi kemudahan, dengan melakukan doa di tempat berdo’a paling mustajab di tanah suci. selama Anda melakukannya dengan sungguh-sungguh dan benar-benar meminta kepada Allah SWT, maka kesempatan untuk dikabulkan akan sangat besar. Maka dari itu, selalulah berdoa, bukan hanya di tanah suci, namun dimanapun Anda memiliki waktu dan kesempatan.

Itulah beberapa Tempat Berdo’a Paling Mustajab Di Tanah Suci. Semoga bermanfaat!
© 2019 PT. Holyland Abadi Supported by: Blogger