Biaya Umrah Murah yg Tidak Wajar Berisiko

Paket Umroh Murah yang Tidak Wajar Berisiko Kegagalan

Umroh termasuk ibadah yang memerlukan biaya besar. Oleh karenanya, ibadah ini sangat dianjurkan hanya bagi mereka yang telah mampu secara finansial. Meski begitu, tidak berarti mereka yang belum mampu ekonominya dilarang berumroh. Banyak pula kalangan ekonomi rendah yang berhasil melakukan perjalanan suci ini. Baik dengan biaya sendiri hasil menabung selama bertahun-tahun, maupun diberangkatkan oleh pihak lain.

Paket umroh murah banyak diminati masyarakat. Bahkan, dengan adanya paket umroh murah, jumlah peserta umroh semakin meningkat. Harga yang semakin terjangkau membuat mereka yang belum umroh jadi lebih semangat berusaha untuk bisa berangkat. Manfaat lainnya adalah, jika ada kelebihan dana dari yang tersedia maka bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain selama di tanah suci.

Meski begitu, istilah lebih murah lebih baik tidak selalu benar adanya. Biaya yang lebih murah berarti ada fasilitas tertentu yang dipangkas. Minimnya fasilitas berakibat langsung pada kenyamanan dan keamanan perjalanan dan kelancaran beribadah. Kementrian Agama sudah menetapkan batas aman untuk berangkat umroh adalah minimal $ 1.700. Harga tersebut merupakan batas terkecil bagi peserta umroh agar bisa mendapatkan pelayanan perjalanan yang aman dan nyaman. Kurang dari harga tersebut dikhawatirkan perserta tidak mendapatkan pelayanan yang baik. Kurangnya pelayanan tentunya berakibat pada terganggunya kelancaran beribadah.

Mengapa lebih murah?

Faktor yang memakan biaya tertinggi di antaranya adalah tiket pesawat dan hotel. Memangkas biaya tiket pesawat bisa saja dilakukan tapi berpengaruh pada kualitas penerbangan. Misalnya, penerbangan dengan rute langsung dari Jakarta ke Jeddah berbiaya lebih mahal. Namun, perjalanan jadi lebih singkat karena pesawat tidak melakukan transit ke tempat lain.

Sebaliknya, penerbangan yang melakukan transit di antara Jakarta dan Jeddah, berbiaya lebih murah. Namun perjalanan jadi lebih lama karena pesawat harus berhenti dulu di tempat lain. Banyak yang beranggapan bahwa waktu untuk transit lebih baik digunakan untuk beribadah di tanah suci. Namun tidak sedikit pula yang bersabar memilih rute transit dengan berbagai alasan masing-masing.

Biaya penginapan juga termasuk faktor yang bisa diatur besarannya. Tarif hotel di Mekah atau Madinah sangat beragam, tergantung dari fasilitas dan lokasinya. Semakin lengkap fasilitasnya, semakin mahal harganya. Pun dengan lokasi, semakin dekat ke masjid maka semakin mahal harganya. Memilih hotel yang lebih jauh dari masjid demi harga lebih murah, berarti harus siap dengan konsekuensinya, yaitu perjalanan dari hotel ke masjid dan sebaliknya akan lebih memakan waktu dan tenaga.

Hati-hati penipuan

Maraknya umroh murah ternyata berpotensi terjadinya penyalahgunaan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab. Sebaiknya kita perhatikan batas harga wajar yang ditetapkan oleh pemerintah, yaitu $ 1.700. Jika mendapati harga yang terpaut jauh di bawahnya, kita harus waspada. Data-data di lapangan menunjukkan banyak kasus penyelewengan dana umroh oleh pihak pengelola. Para korban umumnya tergiur karena harga yang ditawarkan sangat murah. Bisa jadi sangat murah karena dari awal memang diniatkan tidak untuk diberangkatkan. Jadi, hati-hatilah dengan harga paket umroh yang tidak wajar. Alih-alih berhemat, jadinya malah rugi besar. Ibadah gagal, uang pun melayang.

Saat akan mendaftar, pastikan lebih dulu travel yang dipilih sudah berizin umroh dari Kementrian Agama. Buatlah rincian biaya perjalanan, kelengkapan apa saja yang sudah termasuk atau belum dalam harga paket umrohnya. Pastikan juga fasiliatas dan pelayanan seperti apa yang didapatkan selama melakukan ibadah suci ini.
© 2019 PT. Holyland Abadi Supported by: Blogger