Cuaca di Mekah dan Madinah Pada Bulan Desember

Cuaca di Tanah Suci Mekah dan Madinah Pada Bulan Desember

Melaksanakan umroh di bulan Desember, para jamaah akan merasakan suasana yang berbeda. Cuaca di Mekah dan Madinah relatif berbeda dengan bayangan kita kebanyakan. Tanah suci itu panas dan terik. Desember Jazirah Arab hampir sebagian besar tengah berada di musim dingin.

Meski musim dingin tapi tak sama di Eropa, jangan berharap menjumpai salju. Suhu tak sepanas bulan-bulan lainnya. Bagi kita yang datang dari wilayah beriklim tropis cuaca Desember relatif lebih mudah untuk beradaptasi.

Ada sebuah perusahaan bernama Target Service Ltd yang bermarkas di Inggris merilis prediksi cuaca di berbagai destinasi wisata dunia, salah satunya Mekah. Prakiraan cuaca atau juga dikenal weather forecast sangat berguna bagi kita yang ingin mengunjungi tempat tertentu. Mari kita lihat gambaran cuaca pada bulan Desember nanti di Kota Mekah dan Madinah.
Rerata temperature di Kota Mekah adalah 27 derajat Celcius, dimana suhu tertinggi bisa mencapai 32 derajat celcius dan terendah adalah 21 derajat celcius. Kemudian peluang terjadi hujan ada 4% dan cerah berpeluang terjadi dengan kemungkinan 67%. Lalu bagaiman dengan Madinah di BUlan Desember. Mari kita lihat rerata suhunya berikut;
Rata-rata suhu adalah 20 derajat celcius atau setara dengan 68 derajat Farenheit. Suhu terendah bisa mencapai 14 derajat celcius dan tertinggi 26 derajat celcius. Peluang terjadi hujan 1 % dan cerah berpeluang terjadi sebesar 67% serta berawan berpeluang 2% terjadi di Madinah pada Desember. Jika kita melihat data tersebut di atas, bisa dibilang suhu tak terlalu berbeda dengan di tanah air. Bahkan untuk beberapa daerah kita jauh lebih panas. Jadi dapat dikatakan Desember adalah waktu yang bersahabat untuk ke tanah suci.

Namun, meski relatif sama dengan udara di tanah air pada Desember. Tingkat kelembaban relatif pada Bulan Desember relatif tinggi, berikut data rerata kelembaban udara pada Desember di Madinah dan Mekah yang dikeluarkan oleh Shark Weather.
Grafik di atas adalah kelembaban relative di Mekah pada Bulan Desember yang bisa mencapai 80 %. Kondisi kelembaban udara ini tergolong sangat tinggi. Lalu bagaimana dengan Madinah, mari kita lihat grafiknya.
Kelembaban relatif di Madinah tergolong sedang, tertinggi relatif kelembaban udaranya adalah 60an persen. Kelembaban udara yang tinggi akan menyebabkan tubuh terasa lebih panas dan bisa memicu kondisi yang tak nyaman bagi manusia. Terutama jika kelelmbaban relatif melebih 75%. Pada Desember juga peluang terjadi badai pasir atau badai debu juga bisa saja terjadi.

Apa yang Harus Dipersiapkan Dengan Kondisi Ini ?
Secara umum kondisi cuaca pada Desember di Mekah dan Madinah relatif nyaman bagi orang-orang yang datang dari iklim tropis seperti kita. Namun paling tidak ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan calon jamaah umroh yang sudah berniat mengikuti paket umroh Desember 2017, antara lain :
  1. Kondisi tubuh yang fit dan prima harus tetap dijaga. Meski kondisi suhu relatif sama, tetap saja perjalanan yang panjang dan perubahan tempat akan membuat tubuh membutuhkan adaptasi, sehingga untuk mempermudah adaptasi tubuh dibutuhkan kondisi yang sehat. Anda sebaiknya berolahraga ringan secara rutin jauh-jauh hari sebelum keberangkatan dan penuhi kebutuhan gizi tubuh.
  2. Karena ada peluang temparatur drop di bawah 10 derajat celcius, sebaiknya anda mempersiapkan beberapa helai baju hangat dan syal untuk antisipasi suhu rendah. Namun tidak usah terlalu banyak, karena akan berdampak pada beratnya barang bawaan anda, yang pada akhirnya sedikit merepotkan anda.
  3. Jelang keberangkatan sebaiknya anda menghindari begadang, jam tidur anda harus terjaga. Karena begadangnya sebaiknya di tanah suci sembari melakukan ibadah malam.
  4. Kelembaban yang tinggi di Mekah perlu anda antisipasi dengan mempersiapkan obat-obatan ringan untuk mengantisipasi tubuh yang tidak nyaman akibat kelembaban relative yang tinggi. Multivitamin tentu perlu dipersiapkan. Namun pastikan tidak usah membawa terlalu banyak, secukupnya saja.
  5. Obat-obatan yang sifatnya alamiah dan organik jauh lebih baik dibawa karena untuk menghindari efek samping dari obat tersebut selama berada di tanah suci.
  6. Pada sebagian kecil orang ada yang mengalami largi pada kulit saat tubuh mengalami perubahan suhu. Atau juga ini bentuk reaksi tubuh atas kondisi lingkungan yang baru. Maka, jangan langsung panik manakala di bagian tubuh anda muncul bintik-bintik merah atau gatal-gatal. Oleskan saja minyak gosok atau salep anti alergi kulit yang dijual bebas di apotik. Lihat reaksinya dalam satu dua hari, jika kondisi kian memburuk ada baiknya anda berkonsultasi dengan tour leader anda untuk dicarikan alternatif pengobatan disana.

INFORMASI PAKET UMRAH PROMO MURAH


© 2019 PT. Holyland Abadi Supported by: Blogger