Tips Menikmati Penerbangan Jarak Jauh

Tips Menikmati Penerbangan Jarak Jauh
Bagi kita yang tidak terlalu sering melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang dalam waktu lama, tentu berada di pesawat adalah tantangan tersendiri. Apalagi jika penerbangan mencapai belasan jam lamanya. Seperti yang dialami jamaah haji dan umroh. Tulisan ini mencoba memberikan beberapa tips, agar perjalanan panjang anda menuju tanah suci menjadi nyaman dan tidak membosankan. Tiap individu tentu saja memiliki kepribadian yang berbeda, sehingga tips-tips yang akan kami berikan bisa cocok untuk individu yang satu namun belum tentu cocok untuk individu lainnya. Anda bisa menggunakan cara yang sesuai dengan kepribadian anda.

Mengaji, Dzikir atau Membaca

Bagi pribadi yang cenderung melankolis, aktiftas membaca bisa menjadi cara yang efektif untuk mengusir kebosanan. Maka, kami menyarankan jamaah umroh atau haji bisa memaksimalkan waktu di pesawat untuk ibadah. Termasuk di dalamnya membaca buku-buku yang berkaitan dengan islam.

Peregangan Otot

Penerbangan yang panjang, terkadang membuat sendi-sendi terasa kaku dan tak jarang membuat badan terasa pegal-pegal. Kami sangat menyarankan anda melakukan gerakan-gerakan sederhana tanpa harus meninggalkan tempat duduk di pesawat. Perhatikan gambar berikut :
Tips Menikmati Penerbangan Jarak Jauh
  1. Gerakkan kedua tangan anda, sehingga lengan bahu kiri menopang lengan kanan. Setelah kedua lengan bersilang, pertemukan jempol kiri dan kanan anda. Lakukan sebaliknya juga. Bisa di lihat di gambar pertama
  2. Sangkat salat satu kaki, kemudian naikknya telapak kaki di atas paha kaki sebelahnya sembari kedua telapak tangan dipertemukan seperti saat kita mau bertepuk tangan. Perhatikan gambar kedua dari kiri.
  3. Bungkukkan tubuh anda sebisa mungkin hingga menyentuh paha, namun jangan terlalu dipaksakan. Perhatikan gambar ketiga dari kiri.
  4. Miringkan tubuh anda ke kiri dan ke kanan, seperti gambar ke empat dari kiri.
  5. Miringkan leher anda ke kiri dan ke kanan, lakukan sampai hitungan ke empat untuk masing-masing sisi. Lihat gambar lima.
  6. Lakukan gerakan-gerakan peregangan tadi tiap 5-6 jam atau sesuai kebutuhan anda.

Pilih Makanan dan Minuman yang Sehat

Dalam kondisi penerbangan yang panjang, maka asupan makanan yang baik bagi tubuh adalah makanan yang bergizi, kaya serat dan juga tidak terlalu banyak mengandung gula. Kami sangat menyarankan anda memilih menu yang terkandung sayuran, buah-buah segar serta minuman yang menyegarkan. Hindari minuman yang terllau tinggi kandungan kafein.
Tips Menikmati Penerbangan Jarak Jauh
Anda juga harus berhati-hati dengan makanan yang bisa menjadi pemicu atas penyakit-penyakit bawaan anda.

Berbincanglah dengan Orang di Sekitar Anda

Berbincang adalah salah satu cara untuk mengatasi kebosanan. Maka cobalah untuk memulai percakapan dengan orang yanga da di sekitar anda. Jika dalam penerbangan anda bersama keluarga, tentu hal ini mudah. Jika tidak, maka anda harus mencoba untuk berbincaeng dengan orang lain.
Namun, perbincangan anda haruslah perbincangan yang positif dan bisa bermakna ibadah. Jangan melakukan perbincangan yang justru bisa mengotori pikiran anda. Satu lagi perbincangan anda haruslah dalam frekuensi suara yang pelan. Hal ini untuk menghargai hak-hak penumpang lain.

Maksimalkan Fasilitas Penerbangan

Pada banyak penerbangan jarak jauh, biasanya disedikan fasilitas video, musik dan sebagainya di masing-masing kursi penumpang. Sungguh baik, jika anda bisa menggunakan fasilitas tersebut sebagai cara untuk mengusir kebosanan. Namun, sebaiknya anda menikmati hiburan yang tidak punya nilai negatif dna bisa menggangu ibadah anda.

Tidurlah dengan Cukup

Tentu sulit bagi anda untuk benar-benar tidur nyenyak dalam penerbangan, tapi penting bagi anda untuk tetap tidur satu sampai tiga jam untuk penerbangan yang lebih dari 10 jam. Hal ini untuk membantu tubuh anda tetap prima.

Akhirnya, bagi jamaah umroh dan haji semoga penerbangan yang dilalui bisa dinikmati sehingga tidka terlalu menjaid beban. Perbanyaknya ibadah selama dalam perjalanan dan pastikan fisik anda prima.

Jika anda berminat melakukan ibadah umroh dengan paket umroh murah namun tidak murahan, segera hubungi kami via telpon atau WA di nomor
Diulas oleh Hendra Syaputra; Rating Blog: ★★★★★ dari 5
© 2019 PT. Holyland Abadi Supported by: Blogger