Masjid Quba Yang Indah dan Penuh Sejarah


CITY TOUR RELIGI KE MASJID QUBA

Mengunjungi kota seindah kota Madinah, selain ibadah dan berziarah tak lengkap rasanya jika tidak melakukan city tour ke Masjid-Masjid indah yang ada didalam sejarah Islam. Masjid Quba, yaitu masjid yang pertama dibangun oleh Rasullulah SAW dan sahabatnya Abu Bakar Ash-Shidiq. Keutamaan masjid Quba ini disinggung dalam Al Quran, surat At Taubah ayat 108:

“Sesungguhnya masjid yang didirikan atas dasar takwa (masjid Quba) sejak hari pertama adalah lebih patut kamu bersembahyang di dalamnya.”

Rasulullah pun dalam banyak kesempatan menyebutkan keutamaan tempat ibadah pertama kaum muslimin ini.

“Barangsiapa datang ke masjidku, Quba, lalu shalat dua rakaat di dalamnya, seakan-akan telah melakukan umrah,” kata Rasul.

Masjid Quba bermula ketika Nabi hijrah ke Madinah. Sebelum memasuki kota yang dulunya bernama Yastrib ini, Nabi berhenti di sebuah tempat bernama Quba dan membangun masjid di sana. Setelah membangun kota Madinah dan memiliki masjid, Nabi tidak melupakan masjid Quba. Dalam riwayat disebutkan, setiap hari Sabtu dan Minggu beliau mendatangi masjid Quba dan menempuh jarak 5,5 kilometer dari Madinah.

Masjid Quba terletak di perkampungan Quba, kira-kira 3 kilometer dari arah selatan Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz (AMAA). Mengunjungi masjid ini, dari kejauhan akan terlihat empat menara putih tinggi menjulang. Setelah dekat terlihat pohon kurma mengelilingi masjid. Masjid Quba berbeda dengan masjid-masjid lainnya di Madinah. Masjid Nabawi dan masjid lainnya di Madinah nyaris tidak memiliki taman depan yang ditumbuhi tanaman. Namun Masjid Quba memiliki taman depan dan belakang dengan pohon-pohon kurma yang rindang. Di depan masjid bahkan ada air mancur. Masjid ini berdiri di atas tanah seluas 5.035 meter persegi.

Masjid Quba selalu menjadi tujuan wisata ziarah para jamaah haji plus/reguler dan umroh, tidak heran bila masjid ini selalu padat. Masjid Quba dibangun pada hari Senin, 8 Rabiul Awal atau 23 September 622 Masehi. Kala itu Nabi dalam perjalanan hijrah dari Mekah menuju Madinah. Meskipun sangat sederhana, masjid Quba boleh dianggap sebagai contoh bentuk daripada masjid-masjid yang didirikan orang di kemudian hari. Bangunan yang sangat bersahaja itu sudah memenuhi syarat-syarat yang perlu untuk pendirian masjid. Ia sudah mempunyai suatu ruang yang persegi empat dan berdinding di sekelilingnya.

Demikianlah tulisan singkat tentang masjid Quba yang indah dan penuh sejarah, semoga bisa menambah wawasan untuk kita semua.
© 2019 PT. Holyland Abadi Supported by: Blogger